Kamis, 08 April 2010

Panduan Sebelum Mengikuti Tes CPNS

Berikut ini saya akan memberikan sedikit panduan sebelum mengikuti tes CPNS, semoga panduan ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin lolos seleksi penerimaan CPNS.

Menurut pendapatku seleksi penerimaan CPNS bukanlah untung-untungan, melainkan suatu yang perlu dipersiapkan dengan baik. Buat teman-teman yang lagi berjuang untuk bisa lolos ujian CPNS, boleh membaca tips & trik ini yang berisikan mengenai penjelasan materi / soal-soal tes CPNS, serta trik agar lulus tes CPNS.

Meskipun rata-rata gaji PNS tidak lebih besar dari gaji pewagai perusahaan swasta, data statistik menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun semakin banyak yang mengikuti ujian CPNS. Keberhasilah seseorang dalam mengikuti ujian, termasuk ujian CPNS sangat bergantung pada banyak hal seperti persiapan, usaha yang telah dilakukan, pada saat ujian, saingan pada saat itu, dan juga ada yang bilang keberuntungan atau rejeki.

Bagi rekan-rekan yang ingin mengikuti ujian CPNS, berdasarkan pengalaman rekan-rekan yang pernah mengikuti ujian tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan, antara lain :

1. Luruskan NIAT anda, misalnya apa tujuan menjadi PNS? kalo tujuannya supaya Anda menjadi kaya, maka Anda salah jalan.

2. Waktu Hunting Lowongan CPNS
Anda akan mendengar suara-suara miring dari teman-teman atau saudara, bahwa CPNS sekarang sudah ngga bersih dan banyak yang berhasil masuk dengan suap. Mereka seolah-olah mencibir Anda yang masih berjuang & belajar untuk bisa menembus tes CPNS. Solusinya: JANGAN PERCAYA OMONGAN MIRING yang dapat menjatuhkan mental Anda!
Menurut pendapatku omongan miring tentang ketidakjujuran dalam seleksi penerimaan CPNS tidak selamanya benar, karens fakta yang ada di lapangan:
- Banyak orang yang berhasil masuk CPNS dengan jujur dengan cara belajar.
- Banyak juga orang tertipu calo yang mengaku bisa membuat lulus CPNS.
Jadi, masih ada kesempatan.
Kabar miring yang lain adalah PNS gajinya sedikit? Memang benar, tetapi menurut pendapatku PNS mempunyai banyak waktu luang, jadi bisa dimanfaatkan untuk usaha sampingan.

3. Koleksi Soal-soal CPNS & kesiapan perlengkapan ujian
Persiapkan diri dengan berlatih soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya, termasuk berlatih mengisi data identitas diri di lembar soal. Logika dan pola soal tiap tahun hampir sama meskipun tidak sama persis.
Mungkin Anda melihat penawaran CD atau buku soal-soal CPNS di toko buku? Apakah Anda perlu memilikinya? Selama harganya wajar (maksimal Rp50ribu) maka jawabannya = Ya! Anda harus tahu medan perang sebelum berperang kan? Jika sudah punya buku atau soal-soalnya, maka hukumnya adalah wajib dipelajari! Mengapa? Ribuan orang tidak belajar atau hanya belajar setengah-setengah karena menganggap seleksi penerimaan CPNS adalah untung-untungan. Ini tidak benar, tetapi menguntungkan bagi Anda jika Anda mau belajar serius. Biarkan saja image atau anggapan ini menyebar ke orang lain, tapi tidak buat Anda. Buat Anda, mengikuti tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perjuangan yang hasilnya sesuai dengan usaha yang Anda lakukan.

4. Kelengkapan saat ujian juga harus Anda siapkan dengan baik.
Sediakan pensil 2B yang asli ,jangan ambil resiko dengan pensil yang ASPAL asli tapi palsu. Kalo perlu siapkan pensil sampe tiga buah dan sudah diraut kedua ujungnya. Penghapus, yang bagus tentunya. Silet untuk membersihkan penghapus jika kotor. Sapu tangan atau tissue bagi yang keringatan tangannya. Papan pelapis lembar jawaban atau bisa juga kaca, biasanya tempat ujian di sekolah-sekolah yang mejanya sudah tidak rata apalagi kalo bolong-bolong. Rautan juga boleh, kalo dana Anda berlebih. Saya tidak sarankan Anda membeli mistar lubang-lubang untuk menghitami lembar jawaban soal seleksi penerimaan CPNS, karna buang-buang waktu saja. Kalo Anda punya contoh lembar jawaban, sebaiknya Anda juga latihan menghitami lembar jawaban tersebut. Ini jelas akan lebih membantu Anda dalam hal efektifitas waktu dan ketelitian.
Jangan lupa meninjau lokasi ujian sehari sebelum hari H. Pada malam sebelum hari ujian, istirahat tidur yang cukup, siapkan semua perlengkapan (utamanya no. tes), termasuk pakaian , pakailah yg sesantai mungkin.

5. Materi tes CPNS
Ketika melihat lowongan tes CPNS, maka pastikan Anda mengetahui materi yang akan diujikan, yang biasanya berupa:Tes Kompetensi Dasar (TKD), terdiri atas:
- Tes Pengetahuan Umum (TPU)- Tes Bakat Skolastik (TBS)- Tes Skala Kematangan (TSK)

6. Strategi untuk menguasai Materi Tes CPNS
Strategi Menjawab Tes Pengetahuan Umum (TPU) soal CPNS:
Jika Anda merasa pengetahuan umum Anda sedikit, maka kuatkan di bagian tata negara. Karena soal-soal Tata Negara dalam seleksi penerimaan CPNS tidak berubah-ubah dan banyak referensinya. Misalnya dimanakah “pernyatan resmi kemerdekaan Indonesia di dalam UUD 1945?” Dari dulu jawabannya sama: pembukaan alenea ketiga. Di mana mendapatkan pengetahuan Tata Negara? Dari buku latihan tes CPNS, pilih yang di dalamnya terdapat materi Pancasila, UUD, & Tata Negara. Sulit? tidak juga, & tenang saja, semua pesaing Anda merasakan kesulitan yang sama. Hasilnya, nilai tes pengetahuan umum tidak berbeda jauh antara satu orang dengan yang lainnya.
Tes Bakat Skolastik (TBS) Soal Tes Bakat Skolastik, berisi kemampuan dasar yang diperoleh dari sekolah.
- Sinonim, misalnya apriori = berdasar teori
- Antonim, misalnya apriori-Analogi, misalnya: rambut -> hitam, maka langit -> biru (hubungan warna), cewek -> cantik, maka cowok -> ganteng, kepala -> botak, maka cewek -> apa hayo?
- Deret, misalnya: 1,3,5,7, terus berapa lagi? 1, 3, 7, 15, terus berapa lagi (kali 2 tambah 1)
- Logika dan Penalaran, misalnya jika A > B , B=C, CD, A
- Matematika dasar, seperti pelajaran matematika kelas 3 SMA, tetapi lebih mudah. Saran: hafal semua rumus-rumus hitung luas dan volume, utamanya yg berhubungan dengan lingkaran atau angka pi atau 22/7.
Strategi Menjawab Tes Logika Penalaran Soal CPNS:
Latihan soal sebanyak mungkin. Dengan pengalaman mengerjakan soal CPNS, maka kemampuan Anda akan meningkat. Ini adalah bagian soal yang menentukan Anda lulus atau tidak. Seriuslah belajar pada bagian ini.
Strategi Menjawab Tes Skala Kematangan (TSK) Soal CPNS:
Sebisa mungkin pilih jawaban yang terbaik dalam menjawab soal seleksi penerimaan CPNS. Misalnya: lebih baik memberi daripada menerima, lebih baik team work daripada individualis, lebih baik tenang daripada terburu-buru, dan sebagainya. Anda diharapkan jujur & konsisten. Konsisten diperlukan karena kadang soal akan diulang. Jika Anda jujur maka cenderung konsisten.
Saya sarankan, kerjakanlah TSK ini terlebih dahulu baru soal-soal yang lain. Kenapa??? Karna soal TSK memerlukan pemikiran yang fresh dan tenang. Soal TSK ini paling banyak jumlahnya (kalo untuk cpns daerah, mencapai 35 nomor dari total 100 nomor). Soal TSK ini selalu pada bagian akhir soal, mis. mulai nomor 65. So… soal TSK adalah ajang pengumpulan point, apalagi di TSK ini biasanya tidak ada jawaban salah, alias semua pilihan dari A sampai E mempunyai point, tinggal Anda pilih mana jawaban paling benar. Jadi haram hukumnya jika tidak dijawab. Cuman Anda harus hati-hati karna semua pilihan jawaban hampir semua benar dan sama. Itulah kenapa diperlukan daya pikir yg fresh dan tenang; sebab kalo Anda kerjakan seperti urut kacang dari awal soal maka energi dan emosi Anda sudah terkuras saat memasuki soal TSK ini.

7. Hari H pelaksanaan ujian
- Sebelum ujian mintalah doa restu orang tua dan keluarga
- Jangan lupa sarapan atau makan pagi, supaya Anda tidak ngantuk di tempat ujian.
- Berangkatlah ujian dengan senang hati, jangan ada ganjalan di hati. Kalo Anda punya masalah dengan teman, keluarga, pacar dll, selesaikanlah sebelum hari ujian; kalo Anda kehilangan uang, ikhlaskan saja…tapi kalo Anda punya utang… wah, ini yg susah!;
Pada waktu ujian, jangan tergesa-gesa mengisi lembar jawaban, namun isilah data identitas diri sesuai dengan kartu pendaftaran seleksi penerimaan CPNS. Teliti baik-baik identitas anda, karena banyak peserta yang gagal masuk hanya karena masalah data yang salah seperti nomor tes dan kode formasi yang tidak sesuai dengan kartu pendaftaran, tanggal lahir, kode nomer soal, dll. Sebagai contoh, kalau kita salah memasukkan kode soal, maka kunci jawaban yang digunakan untuk mengoreksi juga akan lain, karena hal ini dilakukan oleh komputer.
Manfaatkan waktu seefisien mungkin. satu soal hanya butuh waktu sekitar 55 detik, toleransi 1 menitlah, itu sudah termasuk menghitami lembar jawaban. Kerjakan soal yang mudah lebih dahulu, jangan sekali-kali terpaku pada satu soal yang sulit. Saran gila: kalo ada soal sulit, tembak saja, tapi tentunya… nembaknya yang intelek juga.
Setelah yakin mengisi data yang benar, baca dan kerjakan soal ujian dengan baik-baik.

8. Pertanyaan yang sering ditanyakan selama mengkikuti seleksi penerimaan CPNS, apakah dalam penilaiannya ada sistem perhitungan plus minus seperti UMPTN/SPMB? Saya katakan saja: saya juga tidak tau persis, tapi naluri saya mengatakan sepertinya tidak ada hitungan minus jika salah menjawab, jadi saran: jangan ada jawaban kosong.

9. Jangan lupa, berdoa sebelum dan sesudah ujian. Berdoa merupakan salah satu pelengkap usaha. Bagi yang merasa telah melakukan semuanya dengan baik, maka faktor penentu berikutnya adalah saingan anda dalam seleksi penerimaan CPNS. Jika nilai saingan anda lebih baik dari anda dan yang diambil hanya beberapa orang maka besar kemungkinan anda akan tersisih.
Setelah melihat pengumuman, bagi yang tidak keterima jangan berkecil hati, cobalah berlapang dada, mungkin ada rejeki yang lebih baik yang disiapkan Allah untuk anda, coba lagi tahun depan atau coba pekerjaan lain. Yang pasti berdoalah agar Allah memberikan rejeki lain yang berkah dan lebih baik.

Semoga tips tentang panduan sebelum mengikuti tes CPNS ini bermanfaat. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Cowboy Ngungsi Said....

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya Halaman Utama